Diterbitkan: 4 December 2018
Penulis: Admin Ekonomi

SATIESP 2018 dan Lomba Poster PKM 2018

(pemakalah pada SATIESP 2018)

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, Dr. Hj.Jamaliah, SE, MSi membuka SATIESP 2018 dan Lomba Poster PKM yang diselenggarakan oleh Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura. Seminar Akademik Tahunan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan (SATIESP) 2018 dan Pameran Poster Pengabdian Kepada Masyarakat diselenggarakan pada 28 November 2018.

SATIESP 2018 yang dimaksudkan sebagai platform bagi para peneliti untuk mendiskusikan hasil penelitiannya, menghadirkan Associate Professor Evan Lau, Ph.D. dari Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) sebagai keynote speaker dengan tema Ketahanan dan Stabilitas Ekonomi: Peluang dan Tantangan Di Era Disrupsi. Sessi parallel diikuti 31 peneliti dari Jurusan IESP FEB Untan yang memaparkan hasil penelitiannya dalam bidang: Ekonomi Publik; Ekonomi Sumberdaya Manusia; Ekonomi Pertanian; Ekonomi Uang & Bank; Ekonomi Regional & Perbatasan; Ekonomi & Bisnis Islam; serta Keuangan & Perbankan Islam. Diskusi yang dilaksanakan diharapkan  memberikan  pemikiran  dan  solusi  untuk  meningkatkan pembangunan ekonomi daerah di Kalimantan Barat dan Indonesia.

(display buku karya dosen)

Selain seminar, diadakan pula pameran buku karya dosen serta lomba poster PKM yang diikuti 9 kelompok dosen di lingkungan Universitas Tanjungpura dengan menghadirkan dua orang juri yaitu Dr. M. Irfani Hendri dari Program Studi Manajemen FEB Untan dan Dr. Uray Ferry Andi dari Program Studi Arsitektur FT Untan. Lomba poster dimenangkan poster dengan judul Sosialisasi Pemasaran Online bagi Anggota Koperasi Tenun Sambas sebagai Juara I, Membangun Desa Unggulan: Satu Rumah Satu Pohon Buah di Dusun Bonson Kecamatan Toho Kabupaten Mempawah sebagai Juara II dan Penyusunan RPJM Desa dan RKP Desa untuk Desa-Desa Kabupaten Sambas sebagai Juara III yang mendapatkan sertifikat dan hadiah uang pembinaan.

(Poster peserta lomba dan dewan juri)

 

Bedah Buku di Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi FEB Untan.

PSDIE FEB Untan melaksanakan kegiatan akhir tahun berupa Bedah Buku pada Tanggal 28 November 2018. Buku yang dibahas berjudul Hujan Emas di Negeri Orang: Fakta dan Cita Pekerja Indonesia di Malaysia karya dosen senior di FEB Untan, Dr. Fariastuti Djafar. Buku ini mengeksplorasi apa dan siapa pekerja Indonesia, yang sering dibungkus dengan istilah Tenaga Kerja Indonesia (TKI), dorongan yang melatari pilihan mereka bekerja di Malaysia, pekerjaan yang dilakoninya, dan kehidupan sebagai pekerja asing di negeri orang. Penelitian yang menjadi dasar penulisan buku ini menggunakan data sekunder dan primer. Data primer dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, wawancara mendalam dan observasi di Kuala Lumpur, Selangor, Kuching dan Kapit, Malaysia. Buku tersebut mendapat apresiasi sekaligus beberapa masukan dari tiga orang pembahas yang dihadirkan dalam kegiatan tersebut yaitu: Konsulat Malaysia di Pontianak, Mohiuddin Ghazali; Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar, Sri Jumiadatin serta Ketua Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi, Dr. Meiran Panggabean.