Gelar Kegiatan Sosialisasi Optimalisasi Layanan Pencairan Dana Kegiatan Di Lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Kegiatan sosialisasi optimalisasi layanan pencairan dana kegiatan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura dilaksanakan secara hybrid pada hari Rabu tanggal 20 September 2023 bertempat di Ruang Sidang Prof. Syamsudin Djahmat dan melalui platform zoom meeting pada pukul 09.00 hingga 11.30 WIB. Berkesempatan hadir pada kegiatan tersebut adalah Ibu Dr. Barkah, M. Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, Wakil Dekan Bidang Akademik yaitu Dr. Jumhur, SE, M. Si, Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan yaitu Dr. Haryono, SE, MSi, Ak, CA, CPA, Asean CPA, CfrA serta Ibu Dra. Herilasti Pujingsih, MM selaku Kepala Biro Umum dan Keuangan Universitas Tanjungpura. Peserta yang hadir baik secara daring maupun luring terdiri dari Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Pengelola PPAPK, serta Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura.
Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi terkait perubahan layanan pencairan dana kegiatan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura dari manual bertransformasi secara digital yaitu lewat Fitur Layanan Pencairan Dana Kegiatan pada Sistem Informasi Manajemen Kemahasiswaan (SIMKM) yang dapat di akses melalui link https://simkmfeb.untan.ac.id. Pada kesempatan ini juga di sosialisasikan Prosedur Operasional Standar pelaksanaan layanan pencairan dana kegiatan kepada seluruh peserta agar proses optimalisasi layanan pencairan dana kegiatan dapat di implementasikan sesuai harapan sehingga pengelolaan anggaran, proses belanja, pengawasan serta pertanggungjawaban keuangan menjadi Digital, Akuntabel, Realtime dan Lesspaper.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura dalam kata sambutannya sekaligus membuka kegiatan sosialisasi, mengatakan sangat optimis dengan adanya layanan pencairan dana kegiatan secara digital ini dapat mempercepat dan mempermudah proses realisasi anggaran serta lebih mudah dalam melakukan pengendalian dan pengawasan terhadap dana-dana kegiatan untuk bisa dijadikan dasar dalam pengambilan kebijakan. Beliau juga berpesan agar seluruh peserta mengikuti kegiatan sosialisasi dengan serius dan sampai akhir karena akan ada bimbingan langsung dalam proses input pada fitur layanan pencairan dana kegiatan serta mengajak seluruh unsur di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk bersama-sama mendukung inovasi ini guna meningkatkan kualitas layanan fakultas.
Kepala Biro Umum dan Keuangan juga memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilakukan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis karena mulai beralih ke sistem digital dalam memberikan layanan pencairan dana kegiatan dan beliau berharap inovasi tersebut dapat di adopsi oleh fakultas lain sehingga Universitas Tanjungpura sebagai cyber university dapat segera terwujud.
Sementara itu Sub Koordinator Keuangan dan Kepegawaian Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Triasih Aritonang, ST, MT menegaskan bahwa segala bentuk pengajuan pencairan dana kegiatan dilaksanakan melalui fitur layanan pencairan dana kegiatan pada SIMKM sebagai inovasi dalam optimalisasi layanan pencairan dana kegiatan di lingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan akan di implementasikan mulai tanggal 25 September 2023. Selain itu dengan adanya fitur layanan pencairan dana kegiatan tersebut sekaligus menjadi sistem pengarsipan dokumen secara digital yang dapat memudahkan audit oleh aparat pemeriksa.
Kegiatan sosialisasi berjalan dengan lancar dan interaktif. Seluruh peserta dapat memahami prosedur operasional standar layanan secara digital serta sepakat melakukan pengusulan pencairan dana kegiatan melalui fitur layanan pencairan dana kegiatan pada SIMKM. Besar harapan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura untuk terus mengembangkan inovasi sehingga dapat terus meningkatkan serta memberikan layanan yang terbaik bagi seluruh stakeholder.