Badan Eksekutif Mahasiswa Ekonomi

Visi
Kolaborasi Perjuangan

Misi
1. Mengoptimalkan BEM FEB UNTAN yang Aktif dalam Memperjuangkan Aspirasi Mahasiswa.
2. Mewujudkan Karakter dalam membentuk Mahasiswa FEB UNTAN yang Unggul.
3. Semangat Kolaborasi antar UKM/HMJ dan Civitas Akademika FEB UNTAN.

Dewan Perwakilan Mahasiswa

Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura atau disingkat dengan DPM FEB UNTAN adalah lembaga tinggi yang memilki wewenang  legislatif. Di dalam Keluarga Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (KM FEB UNTAN) kekuasaan eksekutif dimiliki oleh badan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FEB UNTAN).

DPM FEB UNTAN sebagai lembaga legislatif memiliki fungsi aspirasi, fungsi anggaran, fungsi legislagi, dan fungsi pengawasan. Dalam menjalankan ketiga fungsi tersebut maka DPM FEB UNTAN memeliki tiga Komisi, yakni Komisi A Aspirasi, Komisi B Budgeting dan Controlling, Komisi C Legislasi. Selain itu ada 2 Devisi yang membantu kinerja DPM yakni Media dan PSDM.

Visi

Terwujudnya DPM FEB UNTAN sebagai lembaga legislative yang responsive, produktif, dan profisional

Misi

  1. Mengedepankan kinerja DPM FEB UNTAN dengan kedisiplinan, kekompakan dan penuh tanggung jawab
  2. Berperan secara aktif dalam memberikan pelayanan terbaik untuk menjembatani aspirasi mahasiswa FEB UNTAN
  3. Memperkuat komunukasi dan koordinasi aktif dengan organisasi kemahasiswaan serta cevitas akademika FEB UNTAN
  4. Memaksimalkan kinerja DPM Untan dalam Melaksanakan pera serta fungsi sebagai lembaga legislatif

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA)

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura merupakan Organisasi keilmuan mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi serta mitra kerja Jurusan Ilmu Ekonomi dan Fakultas Ekonomi UNTAN Pontianak.

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Pembangunan (HIMEPA) berfungsi untuk menampung dan memfasilitasi sebagai perantara pendorong dalam mengembangkan segala bentuk kegiatan Mahasiswa Ilmu Ekonomi yang bersifat memajukan Mahasiswa, Jurusan dan Fakultas.

Himpunan Mahasiswa Manajemen (HIMAJEN)

HIMAJEN Adalah organisasi yang beranggotakan  seluruh mahasiswa reguler A dan Kelas Internasional jurusan manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura Pontianak yang masih aktif dalam masa perkuliahan.Pertama kali didirikan pada tanggal 1 Oktober 1993.

Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMASI)

Himpunan Mahasiswa Akuntansi ( HIMASI ) Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura ditetapkan di Pontianak tanggal 29 April 1997. HIMASI berkedudukan di tingkat jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura. Selain itu HMASI bersifat independen dan berasaskan kekeluargaan serta berlandaskan Tri Dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. HIMASI bertujuan untuk menciptakan mahasiswa – mahasiswi akuntansi menjadi pribadi yang memiliki kemampuan akademis dan non akademis, keterampilan organisasi, dan bermoral baik, serta berakhlak mulia.

Himpunan Mahasiswa Ekonomi Islam (HIMA EKIS)

Visi

Sebagai wadah informasi,pusat pengkajian dan pengembangan Ekonomi Islam serta berkontribusi langsung pada masyarakat

Misi

  1. Membentuk mahasiswa yang bertakwa, berakhlak baik, berintelektual dan memiliki rasa persaudaraan serta rasa peduli yang tinggi dalam menegakkan ekonomi islam
  2. Menjalin kerjasama dengan lembaga Ekonomi Islam yang bertaraf nasional maupun internasional
  3. Membangun dan mengembangkan nilai nilai ekonomi islam pada masyarakat

Himpunan Mahasiswa Program Percepatan Angka Partisipasi Kasar (HIMAPPAPK)

Himpunan Mahasiswa Program Percepatan Angka Partisipasi Kasar

Visi
Mewujudkan Terciptanya Organisasi Yang Berdasarkan Kekeluargaan, Kekompakkan, Solidaritas Guna Menciptakan Suatu Kinerja Pengurus Ataupun Anggota Yang Aktif, Dinamis, Berintegritas Tinggi dan Berlandaskan Bela Negara

Misi
1.menjadi wadah aspirasi bagi seluruh keluarga mahasiswa ppapk
2.menjalin hubungan internal dan eksternal Himappapk untuk mewujudkan kegiatan organisasi yang dinamis
3.Membangun hubungan dan koordinasi yang harmonis dengan seluruh pengurus, alumni, anggota himappapk dan civitas akademika dengan tetap berprinsip pada Indepedensi mahasiswa.
4.mengembangkan minat dan bakat mahasiswa ppapk dalam bidang akademik maupun non akademik
5.mewujudkan mahasiswa ppapk yang berdaya saing khususnya dalam perkembangan ekonomi global
6. mewujudkan generasi entrepreneur yang mampu mengikuti perkembangan dunia industri modern

Forum Keluarga Mahasiswa Islam (FKMI) Al-Iqtishad

Organisasi FKMI AL-IQTISHAH, bernama Forum Keluarga Mahasiswa Islam Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura. FKMI AL-IQTISHAD memiliki semboyan “Hammasatu Syabab Hikmatus Syuyukh” artinya “Semangat Muda Sebijak Orang Tua”. FKMI AL-IQTISHAD Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura didirikan di Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura pada tanggal 6 Juni 1995. FKMI AL-IQTISHAD Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura berasaskan Islam. FKMI AL-IQTISHAD Fakultas Ekonomi Universitas Tanjungpura beridentitaskan Islam dengan bersumber pada Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Keluarga Mahasiswa Ekonomi Katolik (GAMEKA)

GAMEKA (Keluarga Mahasiswa Ekonomi Katolik) Fakultas Ekonomi Untan, merupakan unit kegiatan mahasiswa fakultas (UKMF) yang berkedudukan di Fakultas Ekonomi UNTAN yang bertujuan untuk menjaga iman katolik mahasiswa sekaligus membina dan menggalang rasa persatuan, kesatuan dan persaudaraan antar mahasiswa katolik di FE UNTAN, serta mengaplikasikan Tri Dharma perguruan tinggi.

Keluarga Mahasiwa (Kemah) Kristen

VISI DAN MISI:

  • Visi : Menciptakan
    • Mahasiswa yang mengenal dan mencintai Tuhan
    • Alumni yang dewasa dan berintegritas dalam Kristus serta dapat menjadi berkat
    • Komunitas yang penuh kasih
  • Misi           :
    • Melayani dan membina mahasiswa untuk memiliki pribadi dan karakter Kristus sehingga menjadi alumni yang tangguh
    • Membangun relasi dan komunikasi yang penuh kasih dalam komunitas

Komunitas Mahasiswa Pencinta Al-Qur'an (KMPQ)

  • Latar Belakang

KMPQ adalah singkatan dari Komunitas Mahasiswa Pencinta Al-Quran yang didalamnya terhimpun mahasiswa dan mahasiswi yang ingin belajar dan mengajarkan cara membaca Al-Quran yang baik dan benar. Fungsi KMPQ ini adalah sebagai forum, pengajaran dakwah dan berbagi pengetahuan tentang cara membaca Al-Quran yang baik dan benar. KMPQ ini resmi berdiri pada tanggal 10 Oktober 2014 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, yang dirintis oleh seorang mahaiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis itu sendiri yang bernama Muhammad Basri angkatan 2011.

Sebagai salah satu bagian dari UKM di Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Komunitas Mahasiswa Pencinta Al-Quran memiliki kewajiban melaksanakan kegiatannya untuk mewujudkan visi yaitu menciptakan mahasiswa muslim yang mencintai dan menyadari betapa pentingnya belajar dan membaca Al-Quran secara baik dan benar.

Sekarang ini banyak mahasiswa khususnya di FEB masih belum bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Kondisi ini sangat memprihatinkan. Hal ini sangat bertentangan dimana seorang muslim seharusnya bisa membaca Al-Quran . Dilhat masih ada  yang kurang lancar membacanya dan ada juga yang membacanya lancar tetapi tajwidnya banyak yang salah. Hal ini seharusnya menjadi tugas KMPQ untuk membuat mereka bisa lebih baik lagi dalam mempelajari dan membaca Al-Quran, karena ini fardu kifayah bagi kami untuk menyediakan sarana bagi mereka yang mau dan serius untuk mempelajari dan meningkatkan kemampuan mereka dalam membaca l-Quran.

Berbagai faktor mengapa para mahasiswa sekarang ini banyak yang kurang biba membaca Al-Quran dengan baik dan benar apalagi mengindahkan dalam membacanya. Hal yang pertama yang mungkin menjadi faktor kuat mengapa mereka kurang dalam mempelajari Al-Quran adalah kurangnya kesadaran pada diri mahasiswa untuk lebih mendalami ilmu Al-Quran. Selain itu, mereka juga kurang mengetahui betapa pentingnya keutamaan dari membaca Al-Quran, sehingga banyak dari mereka yang mengabaikan. Lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh.

Oleh sebab itu, kami dari KMPQ perlu menimbulkan kesadaran kepada mereka betapa pentingnya mempelajari dan membaca Al-Quran dengan baik dan benar, karena dengan kesadaran diri mereka sendiri InsyaAllah mereka akan serius untuk mengikuti kegiatan KMPQ ini.

Alasan berdirinya Komunitas Mahasiswa Pencinta Al-Quran  ini karena melihat belum adanya komunitas yang seperti ini baik dalam lingkungan kampus , universitas atau bahkan di Kalbar itu sendiri. Selain itu, masih banyak mahasiswa maupun mahasiswi yang masih belum fasih dalam membaca Al-Quran sehingga perlu wadah agar mereka bisa belajar membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Di samping itu, ada beberapa mahasiswa di FEB Untan yang pandai dalam membaca Al-Quran dengan baik dan benar dikarenakan latar belakang mereka dari pesantren. Namun, mereka kesulitan untuk menyalurkan ilmunya tersebut. Oleh sebab itu, mereka juga perlu diwadahi supaya apa yang telah mereka pelajari bisa disalurkan kepada mahsiswa yang membutuhkannya.

Forum Mahasiswa Ilmiah (Formasi)

FORMASI didirikan pada tanggal 11 November 2011 di Ruang B18 Fakultas Ekonomi UNTAN. FORMASI bertujuan mewujudkan Unit Kegiatan Mahasiswa bidang Penalaran, Pengkajian dan Penelitian Interdisipliner yang ilmiah, modern dan religius serta menumbuhkan jiwa kepemimpinan berkualitas. Serta berfungsi sebagai organisasi mahasiswa yang berusaha membentuk mahasiswa Fakultas Ekonomi UNTAN menjadi insan akademis yang profesional dibidangnya, berwawasan luas, berakhlak mulia dan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dalam kerangka keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Language Activity Center (LAC)

Language Activity Center (LAC) adalah organisasi yang dibuat untuk mewadahi mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura untuk belajar bahasa asing. Organisasi ini mewadahi mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura baik yang mempunyai bakat dan minat dalam bahasa asing maupun kemauan untuk belajar bahasa asing dari tingkat dasar. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan dalam organisasi berkaitan dengan belajar bahasa asing.

International Student Commitee (ISC)

Visi
Menjadikan ISC sebagai wadah dalam mengakomodasi aspirasi dan kepentingan kegiatan
mahasiswa kelas internasional untuk berkarya dan memberi dampak positif kepada CIVITAS
AKADEMIKA UNTAN dan masyarakat.

Misi
1. Memupuk rasa persaudaraan dan persatuan di antara mahasiswa kelas international
dalam suasana kekeluargaan
2. Menyelenggarakan dan mengkoordinasi kegiatan-kegiatan yang bersifat kemahasiswaan
dalam hal yang berhubungan dengan bidang internasional
3. Membangun relasi supra atraktif dengan berbagai organisasi, instansi dan lembaga yang
berada di kampus ataupun di luar kampus

Oikosnomos

Ukm Seni Oikosnomos adalah  Organisasi yang mewadahi kegiatan seni di fakultas ekonomi dan bisnis UNTAN, Ukm yang didirikan pada tanggal 21 april 2007 yang memiliki 5 divisi yaitu ; divisi event organizer , divisi teater , divisi musik , divisi tari , dan divisi desain grafis. UKM Seni Oikosnomos ini memiliki visi mengembangkan potensi non akademis mahasiswa serta menumbuhkan pola pikir yang baik tentang pemberdayaan seni.

Tax Center Community (TCC)

Tax Center Community atau yang lebih dikenal dengan TCC dibentuk pada tahun 2014, merupakan sebuah organisasi kemahasiswaan yang terfokus dalam mengadakan berbagai agenda seperti seminar dan pelatihan khususnya dibidang perpajakan dengan harapan bisa menciptakan generasi yang sadar dan peduli akan pentingnya pajak. Tujuan TCC yaitu menciptakan generasi muda yang peduli pentingnya pajak.

Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM)

Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Tanjungpura merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang penelitian dan pengajaran tentang hal-hal yang terkait di dalam pasar modal. Kelompok Study Pasar Modal merupakan perpanjangan tangan dari Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk mensosialisasikan dan mengajak masyarakat luas untuk tahu dan ikut berpartisipasi dalam berinvestasi di pasar modal, kesekretariatan dari Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) biasa disebut dengan Pojok Bursa Efek Indonesia (Pojok BEI) atau Galeri Investasi (GI).

UKM Bisnis Kampus

UKM BISNIS KAMPUS FEB UNTAN adalah suatu lembaga formal organisasi mahasiswa di fakultas ekonomi dan bisnis universitas tanjungpura yang mewadahi minat, bakat dan keterampilan mahasiswa dibidang wirausaha untuk dibimbing dan dilatih agar menjadi pengusaha yang dapat memberikan dampak postif bagi lingkungannya.

UKM BISNIS KAMPUS Didirikan pada tanggal 17 Agustus 2018. UKM ini hadir wujud dari keinginan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura yang menginginkan adanya lembaga formal dikamus khususnya organisasi mahasiswa yang menaungi dan mewadai minat, bakat dan keahlian mahasiswa dibidang wirausaha.

VISI

Mewujudkan Generasi Ekonomi Mandiri yang mampu menciptakan bukan hanya menggunakan (Produktif No Konsumtif)

MISI

1. Menjalin kerjasama bisnis baik internal maupun  eksternal dengan sikap profesional
2. Menggali dan mengembangkan aspirasi-aspirasi bisnis mahasiswa FEB UNTAN
3. Membentuk kepribadian wirausahawan yang berafliasi pada kebermanfaatan orang banyak