International Youth Sustainability Leadership
2021 International Youth Sustainability Leadership (IYSL) Online ⎼ SDGs Innovation Competition merupakan lomba yang diselenggarakan oleh National University of Kaohsiung, Taiwan. Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong mahasiswa/i untuk mengembangkan kreativitas dan global citizenship, serta untuk memenuhi responsibilitas sosial. IYSL tahun ini diselenggarakan secara daring dikarenakan pandemi COVID-19. Universitas mitra Asian Virtual Academy diundang untuk berpartisipasi dalam perlombaan antara lain, Bicol University di Filipina, Nong Lam University di Vietnam, Rajarambapu Institute of Technology di India, Universitas Tanjungpura di Indonesia, National Chung Hsing University di Taiwan dan ROC Air Force Academy di China, dengan total tujuh universitas dan tim dari lima negara berpartisipasi dalam kompetisi ini. Setiap universitas mengirimkan 1-2 tim dengan 3-6 mahasiswa di setiap tim untuk berpartisipasi. Total terdapat 13 tim dengan 62 mahasiswa yang berpartisipasi dalam perlombaan.
Satu diantara universitas yang berpartisipasi dalam perlombaan tersebut adalah Universitas Tanjungpura dengan mengirimkan 2 tim yang merupakan mahasiswa/i dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Tim 1 terdiri dari Rizqi Magribi, Celline Claudia, Felicia Priscilla, dan Felicia Novi Simanjaya yang hadir dengan ide bisnis bernama “HalalQ”. Adapun Tim 2 yang terdiri dari Erick Tjandra, Venny Christine, Mayang Puspita Sari, dan Desy Eka Sanjaya yang hadir dengan ide bisnis bernama “Bid-In”. 2021 International Youth Sustainability Leadership (IYSL) Online ⎼ SDGs Innovation Competition dilaksanakan secara daring melalui platform “Google Meet” pada tanggal 16-17 Oktober 2021 dan dilanjutkan pada tanggal 23-24 Oktober 2021.
Adapun hasil perlombaan yang diperoleh adalah kedua tim perwakilan dari Universitas Tanjungpura berhasil meraih juara “Rising Star”. Proposal tim tersebut mencakup aplikasi (apps) “HalalQ” yang membantu mempromosikan kesadaran Halal tentang “sertifikasi halal”; Selanjutnya tentang platform penawaran, “Bid-In” yang bertujuan untuk mengurangi eksploitasi oleh dealer dan meningkatkan pendapatan petani.